Rumus Rumus Dasar Excel

Rumus-rumus Dasar Microsoft Excel. Microsoft excel atau microsoft office excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet (Lembar Kerja Elektronik). Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Cara menggunakannya pun mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang terpopuler digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.


Hal- hal yang harus kita pelajari terlebih dari Microsoft Excel adalah dasar-dasarnya terlebih dahulu. Dan hal paling mendasar untuk kita pelajari adalah mengenal rumus-rumus yang digunakan di microsoft excel baik excel 2003 maupun excel 2007. Berikut ini adalah rumus sederhana tentang cara menggunakan fungsi penambahan, pengurangan, kali dan bagi. Penggunaan dari rumus-rumus itu cukup mudah dan tidak sulit untuk difahami. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Pengetahuan Dasar Microsoft Excel


  1. Buku dulu lembar kerja microsoft excel dengan cara klik Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Excel. 
  2. Ikuti langkah - langkah di bawah ini. 
    Gambar Penggunaan Rumus Dasar Excel
  3. Kemudian di sel B5 ketik tanda = lalu tiliskan Rumus SUM(B2+B3) lalu Enter. Pada sel C5 ketik tanda = lalu tuliskan Rumus C2-C3 lalu Enter. Pada sel D5 ketik tanda = lalu tuliskan Rumus D2*D3 lalu Enter. Dan pada sel F5 ketik tanda = lalu tuliskan Rumus E2/E3 lalu Enter. Perlu diketahui tanda " * " pada = E2*E3 adalah menggantikan tanda kali "X" dan tanda "/" pada rumus =E2/E3 adalah menggantikan tanda bagi ":".
  4. Maka hasil dari langkag pada no 3 di atas adalah seperti berikut ini.
    Gambar Penggunaan Rumus Dasar Excel
Nah demikian pengetahuan dasar microsoft excel yang perlu dipelajari. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat dan bisa menjadi motivasi untuk mempelajari rumus-rumus atau fungsi excel yang lain yang lebih menakjubkan.

Comments

Popular posts from this blog

Menggunakan Spin Button (Form Control) Untuk Mencari Data

Belajar Membuat Daftar Hadir Siswa Dengan Microsoft Excel

Membuat Aplikasi Sederhana Dengan Fungsi VLOOKUP