Tips dan Trik Penggunaan Fungsi Logika IF Pada Microsoft Excel

Fungsi IF menghasilkan satu nilai jika suatu kondisi yang secara spesifik akan dievaluasi menyatakan TRUE. Sebaliknya fungsi ini akan menghasilkan nilai lainnya, jika yang dievaluasi menyatakan FALSE.

Sintaks:
IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)

Logical_test adalah nilai atau ekspresi yang dapat dievaluasi menjadi TRUE atau FALSE. Sebagai contoh, A10=100 adalah ekspresi logik; jika nilai di dalam sel A10 sama dengan 100, maka ekspresi menyatakan TRUE. Sebaliknya, jika nilai dalam sel A10 tidak sama dengan 100, maka evaluasi ekspresi menyatakan FALSE. Argumen ini dapat menggunakan operator pembandingan.
 
Gambar : Alur Penggunaan Fungsi Logika IF
Value_if_true adalaha nilai yang dihasilkan jika “logical_test” menyatakan TRUE. Sebagai contoh, jika argumen ini adalah teks string “LULUS” dan argumen “logical_test” menyatakan TRUE, maka fungsi IF menampilkan teks “LULUS”. Jika “logical_test” menyakan TRUE dan “value_if_true” adalah kosong (blank), argumen ini mengahsilkan 0 (nol). Untuk menampilkan TRUE, gunakan “logical value” TRUE untuk argumen ini. “Value_if_true” dapat berupa rumus lainnya.

Value_if_false adalah yang dihasilkan jika “logical_test” adalah FALSE. Sebagai contoh, jika argumen ini adalah teks string “TIDAK LULUS” dan argumen “logical_test” menyatakan FALSE, maka fungsi IF menyatakan ebagai contoh, jika argumen ini adalah teks string “TIDAK LULUS” dan argumen “logical_test” menyatakan FALSE, maka fungsi IF menampilkan teks “TIDAK LULUS”. Jika “logical_test” menyatakan FALSE dan “value_if_false” diabaikan, (yaitu, setelah ‘value_if_true”, tidak ada koma), maka “logical_test” menyatakan FALSE dan ‘value_if_false” adalah kosong/”blank” (yaitu, setelah “value_if_true”, terdapat koma dan diikuti kurung tutup), maka nilai 0 (nol) dihasilkan. “Value_if_false” dapat berupa rumus lainnya.

Contoh :
Gambar : Contoh Penggunaan Fungsi Logika IF

Jika nilai ulangan matematika ≥ 65, maka pada kolom keterangan tertulis “LULUS”, bila tidak maka tertulis “TIDAK LULUS”.
Pada kolom sel D6 dapat dituliskan rumus : =IF(C6>=60;”LULUS”;”TIDAK LULUS”.

Selanjutnya rumus pada sel D6 dapat di-copy-kan ke range sel D7:D11.

Demikian Tips dan Triks Penggunaan Fungsi Logika IF.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Membuat Daftar Hadir Siswa Dengan Microsoft Excel

Menggunakan Spin Button (Form Control) Untuk Mencari Data

Membuat Aplikasi Sederhana Dengan Fungsi VLOOKUP