TRIK DAN TIPS MENGGUNKAN FUNGSI VLOOKUP DAN HLOOKUP

Sahabat Belajar Excel, kembali menjumpai anda dalam belajar fungsi-fungsi excel. Pada kesempatan ini saya akan berbagi trik dan tips menggunakan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP.

a.         Fungsi VLOOKUP
Fungsi ini digunakan untuk mencari sebuah nilai pada kolom terkiri dari suatu tabel, dan menghasilakan sebuah nilai dari baris yang sama dari kolom yang dispesifikasikan pada tabel. Penggunaan VLOOKUP apabila nilai perbandingan terletak pada kolom kiri data yang akan dicari.

Sintaks : vlookup(lookup_value;table_array;col_index_num;range_lookup

-       Lookup_value adalah nilai yang akan dicari dari kolom pertama array. Lookup_value dapat berupa sebuah nilai, sebuah referensi, atau sebuah teks string.
-       Tabel_array adalah tabel informasi di mana data yang dicari (looked up).
-       Col_index_num adalah nomor kolom dari “table_array” yang akan dihasilkan jika ada nilai yang sesuai. Jika “col_index_num” dituliskan 1 maka menghasilkan nilai dari kolom pertama “table_array”; jika “col_index_num” dituliskan 2 maka menghasilkan nilai dari kolom kedua table_array, dan seterusnya. Jika “col_index_num”kurang dari 1, VLOOKUP menghasilkan #VALUE! Error value; jika “col_index_num” lebih dari nomor kolom “table_array”, VLOOKUP menghasilkan #REF! Error value.
-  Range_lookup adalah “logical_value” yang menspesifikasikan apakah yang diinginkan VLOOKUP mencari kesesuaian eksak atau kesesuaian pendekatan. Jika TRUE atau diabaikan, maka pendekatan kesesuaian akan dihasilkan. Dengan kata lain, jika kesesuaian eksak (exect match) tidak ditemukan, nilai terbesar berikutnya yaitu yang lebih kecil dari “lookup_value” yang akan dihasilkan. Jika FALSE, VLOOKUP akan mencari kesesuaian eksak.

b.        Fungsi HLOOKUP

Fungsi ini digunakan untuk mencari sebuah nilai pada baris teratas dan suatu tabel atau sebuah “array of values”, dan menghasilkan sebuah nilai dan kolom yang sama dari baris yang dispesifikasikan dalam tabel atau array. Penggunaan HLOOKUP jika nilai pembandingan terletak pada baris yang melintas di atas tabel data, dan akan dicari sebuah nilai spesifik dari baris

Sintaks : hlookup(lookup_value;table_array;row_index_num;range_lookup)

Cara kerja VLOOKUP mirip dengan HLOOKUP, hanya saja memiliki perbedaan dari segi pencarian yaitu VLOOKUP secara vertikal, sedangkan HLOOKUP secara kharizontal.


Berikut contoh penggunaan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP.

Contoh Penggunaan Fungsi VlookUP dan HlookUP











Hasilnya sebagai berikut.




Demikian Trik dan Tips Menggunakan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP. Dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Membuat Daftar Hadir Siswa Dengan Microsoft Excel

Menggunakan Spin Button (Form Control) Untuk Mencari Data

Membuat Aplikasi Sederhana Dengan Fungsi VLOOKUP